Manfaat Daun Jati Belanda untuk Kolesterol

Manfaat Daun Jati Belanda untuk Kolesterol

     Tanaman Jati Belanda atau Guazuma ulmifolia  adalah tanaman berbentuk semak atau pohon dengan tinggi 10 sampai 20 meter,  masih  termasuk  dalam  kelas  Dicotyledonae  dan  dari suku Sterculiaceae. Tanaman ini memiliki pangkal daun menjorong  membentuk  jantung,  ujung  daun  lancip,  permukaan  atas  berbulu  jarang,  permukaan  bagian  bawah  berbulu  rapat,  panjang  helai  daun   4  –  22,5 cm. Bunganya berwarna kuning berbintik-bintik merah.  Buahnya  keras,  beruang  lima  dan  berwarna  hitam, berbiji banyak dan berwarna kuning kecoklatan, berlendir dan rasanya agak manis. Budidaya  tanaman  dapat  dilakukan  dengan  biji  atau  stek tunas berakar. Tanaman ini dapat tumbuh dengan  cepat  dan  biasa  digunakan  sebagai  tanaman  pekarangan atau peneduh di tepi jalan Tanaman ini memiliki nama daerah Orme D’Amerique (prancis), Bartard Cedar (Inggris), Guasima (Meksiko), Jati Belanda (Indonesia), Jati Londa, Jati Landi dan Jatos Landi (Jawa). Daun jati belanda sudah umum terdapat dalam jamu pelangsing tubuh. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan pada hewan coba tikus, aktivitas pelangsing dari ekstrak daun Jati Belanda biasanya disebabkan oleh adanya tannin dan getah lender dalam ekstrak tersebut. Dilaporkan juga oleh Kristiani bahwa kemungkinan steroid yang merupakan komponen utama dalam ekstrak kloroform mempunyai efek pelangsing.

     Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa senyawa yang terkandung dalam tanaman Daun Kemuning memiliki manfaat untuk :

Kandungan zat aktif dalam Daun Jati Belanda diantaranya :

  1. Flavonoid
  2. Asam fenolat
  3. Tannin
  4. Steroid/Triterpenoid
  5. Karotenoid
  6. Alkaloid
  7. Terpena dan Triterpen
  8. Resin
  9. Glukosa, asam lemak, asam fenolat, zat pahit dan karbohidrat

   Meskipun tidak bisa digunakan untuk menggantikan pengobatan medis sepenuhnya, manfaat daun jati untuk merawat kesehatan dan mengurangi gejala penyakit sayang jika dilewatkan. Apa saja manfaat daun jati yang sudah terbukti bagi kesehatan?

Khasiat dari Ekstrak Daun Jati Belanda :

  • Mengurangi obesitas

   Daun jati belanda juga menekan napsu makan, sebagai antiinflamasi membuat tubuh lebih sehat dan segar tanpa ada rasa letih saat mengonsumsinya(1)

  • Menurunkan kolesterol dalam darah

   Daun jati belanda efektif menurunkan kolesterol bila dikonsumsi secara rutin. Asal tahu saja, daun jati belanda mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, asam folat, damar, sterol, dan tanin. Kandungan tersebutlah yang membuat daun jati belanda mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. (2)

  • Kaya akan antioksidan

   Daun tanaman jati mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan radikal bebas. Ramachandrana et al., (2011) menemukan bahwa komponen phenolic pada daun tanaman jati memiliki agen antioksidan yang sangat baik. Radikal bebas sendiri bisa menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker serta penuaan dini.(3)

  • Membantu mengurangi gejala asma

   Daun pohon jati memiliki manfaat untuk mengurangi dan mencegah asma. Goswami et al., (2010) melakukan penelitian menggunakan model binatang. Dan dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak dari daun tanaman jati memiliki efek signifikan sebagai anti asma.(4)

  • Manfaat Daun Jati Belanda sebagai Pereda Diare

   Diare bisa terjadi akibat serangan bakteri patogen di dalam saluran pencernaan. Hasil uji laboratorium tentang khasiat daun jati belanda sebagai pereda diare membuktikan pnghambatan pertumbuhan bakteri E. coli dan S. aureus sebagai penyebab diare.(5)

Refrensi

  1. "Rahma, A. Efektivitas Minyak Daun Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk.) Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Kadar Malondialdehid Serum Tikus Wistar Model Obesitas. Skripsi. Universitas Sriwijaya. Palembang. 2018"
  2. "Ulfah, VF. Iskandar, Y. Aktivitas tanaman jati belanda (Guazuma ulmifolia Lam.) sebagai antihiperlipidemia. Farmaka suplemen Vol. 17. Bandung.2020 Hal.98"
  3. "Puspita. Aktivitas Antioksidan Subfraksi Aktif Daun Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk). Institut Pertanian Bogor. Bogor 2018"
  4. "Jayshree, U.Patil and S.D.Biradar. Pharmacognostic Study Of Guazuma Ulmifolia. International    Research Journal Of Pharmacy. India.2013. Hal. 130"
  5. "Rahmawati. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifolia Lamk) Terhadap Bakteri Penyebab Diare (Bacillus Cereus Dan Escherichia Coli). Universitas Islam Bandung. 2014"

Sumber Berita dari RTA
Diposting Oleh Admin
2 tahun yang lalu
Sudah Dilihat 955 Kali